05 Januari 2008

Laporan Akhir Tahun

akhir tahun seringkali jadi hari-hari penting bagi orang yang bekerja. tapi ini bukan tentang itu. akhir tahun adalah bulan dimana anggrek memunculkan bunga-bunga indahnya, seperti anggrek-anggrek di rumah saya ini.
Cathleya ungu, paling banyak di rumah saya, gampang sih pembiakannya, tinggal dipisah2 aja tiap gerombol 3 batang Insyaallah hidup, dan tahun depan udah berkembang, lama ya.. iya sih ini kan melatih kesabaran.

Vanda, ini 7 tahun baru kembang, saya tanam sejak mau lulus SMA sampai lulus kuliah juga gk kembang2 juga.. mungkin ada yang salah.. tapi sekarang tiap tahun kembang kok, ini kembang tahun kedua. Dulu saking niatnya sampe saya belikan Rooton F buat merangsang akar stekannya, 5 tahun kemudian baru saya dengar lagi obat ini, waktu adenium membumi di bumi pertiwi.

anggrek bulan(phalaenopsis) putih dan ungu ah ini standar, tapi saya suka karena paling sering kembang, hampir gak ada putusnya, setiap kali pulang kampung selalu menyambut dengan mekarnya kembang.

anggrek dendrobium, ini anggrek yg termasuk dinista, karena harganya murah. padahal bagus juga lho bunganya, mungkin dendrobium yg di rumah saya emang yg murahan.
Yang terakhir saya tidak tahu ini termasuk anggrek apa, yang jelas mirip dengan gramatofilum, tapi kecil2, paling mantep. Gramatofilumnya yg beneran entah kapan bakal berkembang. Kemarin batangnya patah satu pula, kejatuhan mangga.

Entah mengapa anggrek akrab banget ama pohon mangga, sepertinya anggrek kalo ditaruh di pohon mangga jadi bagus pertumbuhannya. Ada yang bilang pohon belimbing jauh lebih bagus, ini kata Pak Markus, juri kontes anggrek dari Bandung. Mungkin simbiosis ya? entahlah.
Yang jelas jauh lebih bagus dibanding ditanam pakis, apalagi areng, mungkin sesama makhluk hidup kerjasamanya lebih hidup.

Eh lupa, anggrek tanah. Lagi-lagi warna ungu.. Kayaknya kelebihan ultraviolet jadi ungu semua bunga2 anggrek ini.

ok happy belated new year.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

klo hrg kira kira brp?