05 Januari 2008

Istiqlal



Istiqlal, masjid yang aneh

Keanehan2nya:
1. Tidak ada kantin, bahkan toko kecil sekalipun. Semua kebutuhan jamaah disediakan oleh pedagang asongan. Payah... Mau melindungi ekonomi rakyat kecil(pedagang asongan)? Walah,.. kasih tempat dagang yang layak sekalian napa? Gimana bisa jadi contoh penggerak ekonomi kerakyatan?
2. Jalan masuk ditutup-tutup, bahkan untuk pejalan kaki sekalipun. Kalo dari gambir mau masuk istiqlal musti muter sampai jalan masuk juanda, jauh kan... Apalagi yang namanya halte Istiqlal ada di bilangan gambir, depan pertamina. Pas turun situ pintu dikunci...
3. Barusan renovasi pintu gerbang, buat apa gitu? buang2 duwit aja. Jadi berpikir ulang buat infak di mesjid ini, eh gak jadi ding malah.
4. Penjaga sandalnya gak ramah, sering minta uang, mending kasih tulisan nitip alas kaki sekian ribu rupiah. Padahal di depannya ada kotak infak, kalo kita mau masukin ke kotak dia akan minta kasih ke dia aja. hahaha.
5. Mesjid ini dilewati kali yang baunya minta ampun, warnanya item pekat.... Ealah gk ada inisiatifnya takmir mesjid ini buat membersihkan ini kali. Begitu angin berhembus, bukannya angin segar, tapi angin bauuuuu. Gimana bisa khusyu' berada di mesjid ini.

Yahh apakah memang harus selalu berantakan gini sesuatu yg dikelola pemerintah?

1 komentar:

inside-reza.com mengatakan...

Yah namanya jakarta bro... kehidupan serba sulit... makanya tempat yg seharusnya religius jadi tempat komersil (titip sandal)... he..he..

Soal bau, jakarta emang tempatnya, nggak kenal mesji ato kantor, kalo dilewati kali ya bau... :)