09 Juni 2009

free will

Melanjutkan bahasan tentang finite of an infinite yang dikaitkan dengan free will, dalam bahasa Indonesia adalah kebebasan berkehendak. Kayaknya Miss Indonesia 2009 gak bisa deh mengartikan free will ini ke bahasa Indonesia.

Adalah Benedictus Spinoza yang merumuskan bahwa sebenarnya manusia tidak mempunya free will. Sebuah pernyataan yang sesuai dengan teori saya. Berikut pernyataan Spinoza,

"There is no mind absolute or free will, but the mind is determined for willing this or that by a cause which is determined in its turn by another cause, and this one again by another, and so on to infinity."

Penafsiran saya free will itu memang tidak ada, semua hal itu ditentukan oleh hal-hal lain. Jadi ketika suatu hal tidak diajarkan, atau suatu hal tidak dapat dihasilkan melalui suatu penalaran(dari hal-hal yang diajarkan) maka hal itu tidak akan ada. Lebih lanjut tentang hal-hal lain yang disebabkan oleh hal-hal lain dan seterusnya sampai infinite akan sampai pada pernyataan yang sama dengan masalah infinity, finite ke mana?

Tidak ada komentar: